smk ypkk 2 sleman - kihadjar
SMK YPKK 2 SLEMAN

Berita

Smk YPKK 2 Sleman

Bank Mini Sekolah : Wadah Pembelajaran Pelayanan Publik di bidang Perbankan

Bank Mini Artha Sejahtera (BMAS) di SMK YPKK 2 SLEMAN adalah salah satu jenis usaha dari unit prosuksi sekolah yang bergerak dalam layanan unit simpan pinjam. Unit yang didirikan sebagai salah satu bentuk bantuan sekolah dalam membantu guru dan pegawai dalam bentuk pemberian kredit serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpan uang mereka sekaligus bentuk pembelajaran tentang perbankan.

 

BMAS didirikan di akhir tahun pelajaran 2019/2020 dan di mulai Beroperasional Awal Bulan September 2020 dengan modal awal Rp 10.000.000,- dengan Beberapa pelayanan jenis pelayanan, yakni pelayanan simpanan, Pembayaran Tagihan Listrik, PBB, Iuran BPJS, Internet, Telepon, PDAM dll. Salah satu yang menjadi daya tarik dalam pelayanan simpanan adalah biaya terjangkau serta tidak dikenakan biaya administrasi bank setiap bulannya.

 

Dengan adanya BMAS ini diharapkan dapat memberika manfaat seperti memudahkan guru, pegawai, siswa dan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhannya; efisiensi waktu karena tidak perlu izin meninggalkan sekolah apabila ingin menabung; membantu menggalakkan program pemerintah "ayo menabung" serta memperkenalkan pelayanan publik di bidang perbankan terhadap guru, pegawai dan siswa.

 

Dalam prosesnya, ada dua tahapan dalam pendirian dan pengembangan BMAS yaitu tahap pertama adalah tahap perencanaan yang terdiri dari pembicaraan mengenai pendirian BMAS dengan kepala sekolah, pembuatan mekanisme kerja, pengumpulan modal awal, dan sosialisasi kepada warga sekolah dan masyarakat sekitarnya. Dan tahap kedua adalah tahap implementasi yang terdiri dari pembentukan pengurus dan pelaksanaan kegiatan/usaha pelayanan.

 

Pengelolaannya, BMAS dijalankan oleh orang-orang yang memiliki keahlian atau kompetensi di bidangnya seperti memiliki pengetahuan tentang dunia usaha, perbankan, bisnis dan manajemen. memiliki kemampuan manajemen, memiliki jiwa kewirausahaan, jujur dan bertanggungjawab, serta mampu berkomunikasi dengan baik.

Untuk proses monitoring dan evaluasi dilakukan 2 kali dalam setahun oleh auditor internal sekolah dan setiap akhir tahun, pengelola membuat laporan pertanggungjawaban yang dilaporkan kepada kepala sekolah.

 

Salah satu indikator keberhasilan dari BMAS ini adalah pengembangan sekolah/staf dan keuntungan yang dihasilkan dari usaha BMAS ini yang dapat dimanfaatkan sebagai tambahan biaya operasional sekolah. Dengan keberhasilan BMAS ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran untuk sekolah lain agar dapat mereplikasi pembangunan BMAS supaya pelayanan publik dibidang perbankan dapat diterapkan di sekolah


By admin | 30 September 2020 4

Leave a comment

cODsoQHh 2025-01-09 21:13:47
555
cODsoQHh 2025-01-09 21:13:48
555
cODsoQHh 2025-01-09 21:13:49
555
cODsoQHh 2025-01-09 21:13:57
555

WEBCO KIHADJAR V.1.0 Powred by Yogyakarta Digital

smk ypkk 2 sleman